Kamis, 03 Mei 2012

Sejarah Lengkap SRIWIJAYA FC


Keberhasilan Provinsi Sumatera Selata sebagai Tuan Rumah yang diikuti pula keberhasilan dalam berprestasi diajang Pesta Olahraga Terbesar tingkat Nasional (PON XVI), ternyata telah memberikan inspirasi tersendiri bagi Syarial Oesman Gubernur Sumatera Selatan untuk dapat pula membuktikan bahwa di pentas sepak bola nasional pun Sumatera Selatan dapat menunjukan “Taring Rimau” nya.

Setelah melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan, akhirnya pada tanggal 23 oktober 2004 dicapailah kata sepakat untuk selanjutnya dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (Mo U) antara M. Zein selaku pemilik Persijatim yang di Take Over oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili langsung oleh Syarial Oesman selaku Gubernur Sumatera Selatan, untuk selanjutya Persijatim menjadi Sriwijaya Football Club (SFC).Kode Etik Sriwijaya FC

Say No!!
Suap
Judi
Keributan
Penghianatan
Intimidasi
Pendiskreditan
Penganiayaan
Doping & Narkoba
Say Yes
Fair Play
Tata Peraturan
Respek
Kooperatif
Produktif

Logo Sriwijaya FC & Artinya Lambang berbentuk lingkaran bertuliskan Sumatera Selatan Bersatu Teguh yang merupakan Sasanti Sumatera Selatan mempunyai arti bahwa Sriwijaya FC dapat di gunakan sebagai salah satu sarana guna mewujudkan kesatuan yang bulat dari seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Selatan.

Komponen Pendukung
1.Stadion Gelora Sriwijaya
Home Base Sriwijaya FC adalah Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring berkapasitas 40.000 penonton ini merupakan Stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan, yang merpakan Stadion termegah ke- 2 di Indonesia setelah Gelora Bung Karno. Stadion Gelora Sriwijaya juga telah diakui sebagai salah satu stadion terbaik bertaraf Internasional.
Stadion ini beralamat di Jl. Gubernur HA Bastari Jakabaring Palembang

2.Mess Pertiwi
Mess Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang dikelola oleh dharma Wanita Pemprov Sumsel dijadikan sebagai Mess para pemain da staff pelatih, sehingga setidaknya dapat menekan anggaran kebutuhan team. Mess ini berada ditengah kota yaitu Jl. Ba Salim Batubara Sekip Pangkal, tapi tetap menimbulkan kesan Asri sehingga kenyamanan tersendiri badi Squad Team.

3.Sekertarian SFC
Sebagai Kesebelasan mapan yang memiliki ambisi untuk menjadi salah satu kesebelasan yang bukan hanya disegani lawan, sudah sewajarnya bila Sriwijaya FC memiliki Sekertariat yang representatif dan mudah dijangkau, yaitu di Kompleks Palembang Square Jl. Angkatan 45 / Kampus POM IX No R 130 Telp / Fax : (0711) 380130, 316816. Sekertariat ini adalah bangunan Ruko 3 tingkat. Lantai 1 digunakan untuk Etalase dan pusat penjualan Merchandise mengenai Sriwijaya FC. Lantai 2 menjadi pusat aktivitas Manajemen, dan lantai 3 digunakan sebagai tempat pertemuan/Ruang Rapat.

Sejarah

Walaupun mewakili provinsi Sumatera Selatan, Sriwijaya FC didirikan di Jakarta dengan nama Persijatim Jakarta Timur pada tahun 1976. Karena alasan finansial, klub ini sempat pindah ke Solo dan menjadi Persijatim Solo FC pada tahun 2002 hingga 2004. Setelah itu klub ini dibeli oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan diganti namanya menjadi Sriwijaya FC Palembang.

Logo SFC

Logo berbentuk lingkaran bertuliskan Sumatera Selatan Bersatu Teguh mempunyai arti bahwa Sriwijaya FC dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan kesatuan yang bulat dari seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan

Tempat pendukung

[sunting]Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang berkapasitas 40.000 penonton ini merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan. Stadion ini juga merupakan stadion terbesar ketiga di Indonesia. Stadion ini juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik bertaraf internasional.[rujukan?]

[sunting]Mess Pertiwi

Mess Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang dikelola oleh Dharma Wanita Pemprov Sumsel digunakan sebagai mess para pemain dan staff pelatih, sehingga dapat menekan anggaran kebutuhan tim. Walaupun mess ini terletak di tengah kota, yaitu di Jl. Ba Salim Batubara Sekip Pangkal, tetapi mess ini tetap menimbulkan kesan asri sehingga menjadi kenyamanan tersendiri bagi penghuninya.

[sunting]Sekretariat SFC

Sriwijaya FC memiliki sekretariat yang terletak di Kompleks Palembang Square Jl. Angkatan 45/Kampus POM IX No R 130. Sekretariat ini merupakan bangunan ruko tiga tingkat. Lantai satu digunakan untuk etalase dan pusat penjualan cendera mata & atribut Sriwijaya FC. Lantai dua merupakan pusat aktivitas manajemen, sedangkan lantai tiga digunakan sebagai tempat pertemuan/ruang rapat.

[sunting]Gelar

  • Liga Indonesia
  • Juara (1): 2007
  • Piala Indonesia
  • Juara (3): 2008, 2009, 2010
  • Liga Super Indonesia
  • Fair Play Team (1): 2009-10
  • Community Shield
  • Juara (1): 2010
  • Inter Island Cup 2010
  • Juara (1): 2010

[sunting]Prestasi

Liga Champions AFC
  • 2009: babak penyisihan grup
Piala AFC
  • 2010: babak 16 besar

No.Pos.Nama
2Bendera IndonesiaDFMuhammad Shobran
3Bendera AustraliaDFJames Coyne
4Bendera Korea SelatanMFLim Joon-Sik
6Bendera KamerunDFThierry Gathuessi
7Bendera IndonesiaMFSiswanto
10Bendera BrasilFWHilton Moreira
11Bendera IndonesiaMFPonaryo Astaman (Captain)
12Bendera IndonesiaGKFerry Rotinsulu
13Bendera IndonesiaDFAchmad Jufriyanto
14Bendera IndonesiaFWRiski Novriansyah
15Bendera IndonesiaMFFirman Utina (Vice Captain)
17Bendera Saint Kitts dan NevisFWKeith Kayamba Gumbs
19Bendera IndonesiaGKAndi Irawan
20Bendera IndonesiaMFKhoirul Huda
No.Pos.Nama
21Bendera IndonesiaMFJeki Arisandi
22Bendera IndonesiaDFSupardi Nasir
23Bendera IndonesiaMFMuhammad Ridwan
24Bendera IndonesiaDFMahyadi Panggabean
25Bendera IndonesiaDFDarwin
26Bendera IndonesiaDFSeftia Hadi
27Bendera IndonesiaMFRendy Siregar
29Bendera IndonesiaMFRuly Saputra
30Bendera IndonesiaDFNova Arianto
31Bendera IndonesiaGKTri Hamdani Goentara
32Bendera IndonesiaDFMarkus Bachtiar
33Bendera IndonesiaGKRivki Mokodompit
37Bendera IndonesiaFWRizky Dwi Ramadhan
44Bendera IndonesiaFWYudistira Yehuda Wehu

1 komentar: